Kamis, 17 Agustus 2023

MEMAHAMI KETIDAKPASTIAN!

 

Oleh: Aulia Daie Nichen

Pasti, satu kata penuh makna yang tentu banyak di cari orang. Dari kata itu, banyak kata yang bermunculan di dalam pikiran kita, missal ‘kepastian’, ‘memastikan’, ‘ketidakpastian’ dan lain sebagainya. Singkatnya, semua mencari kepastian, sepakat?

Ada satu lirik lagu yang mungkin familiar, “is anything certain in life?” salah satu lirik dari lagu The Spirit Carries On. Dari pertanyaan ini kita coba bahas sedikit terkait hal yang pasti dalam hidup. Mungkin juga ada yang tidak sepakat dan bertanya “loh? Bukannya hidup ini penuh dengan kepastian?”.

Menurut hemat penulis, tidak banyak bahkan hanya ada 1 kepastian dalam hidup yaitu kematian. Quotes yang kita sering dengar yaitu “Tidak ada yang pasti, selain ketidakpastian” ini yang menjadi dasar bagi kita untuk memahami ketidakpastian.

Maka dari itu, kita hidup dalam ketidakpastian dan kita hidup berjuang untuk mendapatkan kepastian di dalam ketidakpastian. Memang ujungnya kita tidak pernah mencapai kepastian (karena memang tidak ada), akan tetapi kita hanya butuh ketenangan bahwa yang kita perjuangkan akan kita raih. Sebagai contoh, kita hidup dalam ketidakpastian ekonomi. Tentunya semua orang berjuang dalam belajar, kemudian bekerja untuk mendapatkan kehidupan ekonomi yang lebih baik .

Ketidakpastian kita harus pandang sebagai sebuah tools motivasi kita untuk berjuang bukan untuk menidurkan dan membuat santai kita. Kita tidak boleh hidup di dalam kesadaran palsu bahwa “karena hidup tidak ada kepastian, maka untuk apa berjuang”, harus kita ubah menjadi “justruk karena hidup di dalam ketidakpastian, maka kita harus berjuang”. Kira-kira seperti itu hemat penulis. Kita harus memastikan bahwa ketidakpastian tidak menjadi beban, melainkan menjadikan tantangan untuk kita lebih baik lagi.

 

Sekian,

Terima kasih